Resep: Combro

Resep: Combro

combro/comro is one traditional dish from West Java. combro is oncom di jero atau oncom di dalam, merupakan makanan yang terdiri dari parutan kelapa dan singkong diisi dengan tumisan oncom yang pedas.

combro biasa disajikan hangat, dengan atau tanpa tambahan cabe rawit karena isinya sudah pedas. combro digoreng dengan sistem deep frying (goreng dalam minyak yang banyak) sehingga menghasilkan combro yang garing di luar namun lembut di dalam. itulah mengapa sebaiknya combro dimakan hangat, karena teksturnya akan berubah saat ia dingin.

ini resepnya ya,

bahan:

  1. 1 kg singkong, parut
  2. 1 butir kelapa, parut
  3. isian tumis oncom pedas bisa diliat di sini

cara:

  1. campur singkong dan kelapa, bentuk bulat dengan lubang di tengah.
  2. isikan isian ke kulit.
  3. bentuk bulat lonjong pada adonan dan pastikan isinya berada di dalam.
  4. goreng dalam minyak yang banyak.
  5. angkat dan sajikan selagi hangat.
Resep: Tumis Oncom Pedas

Resep: Tumis Oncom Pedas

bahan:

  1. 2 papan oncom, haluskan manual menggunakan tangan
  2. 2 batang daun bawang, iris halus
  3. 5-7 suing bawang merah, iris halus
  4. 3-5 suing bawang putih, iris halus
  5. cabe rawit merah (sesuaikan dengan selera dan tingkat kepedasan masing-maisng)
  6. setengah bungkus kaldu bubuk rasa sapi
  7. 2 lembar daun salam
  8. 1 ruas jahe, memarkan
  9. 1 ruas lengkuas, memarkan
  10. garam
  11. gula pasir
  12. minyak untuk menumis
  13. air secukupnya

cara:

  1. tumis bawang merah dan bawang putih pada minyak panas, hingga layu dan harum.
  2. masukkan cabe, jahe, lengkuas, daun salam ke dalam tumisan bawang. tumis hingga matang agar cabe tidak berbau.
  3. tambahkan air secukupnya. kemudian masukkan garam, gula, kaldu bubuk. aduk.
  4. masukkan oncom yang sudah halus, aduk rata hingga bumbu tercampur. masak hingga matang.
  5. tes rasa pada tumisan dan tambahkan bumbu yang diperlukan. masukkan daun bawang dan tumis sebentar.
  6. angkat dan sajikan hangat.
Recipe: Hummingbird Brownies with Almond

Recipe: Hummingbird Brownies with Almond

hi! setelah sekian lama hibernasi di per-baking-an, aku memutuskan untuk memulai baking dengan bikin brownies panggang lagi. iya, cari yang gampang. iya, cari yang lagi dikepenginin aja. hehehe.

here is my recipe (setelah dimodifikasi sana-sini)

bahan A:

  1. 200 gr DCC (dark cooking chocolate)
  2. 175 unsalted butter

bahan B:

  1. 200-225 gula kastor (gula dengan butiran halus atau gula halus)
  2. 130 gr all purposed flour (tepung terigu serbaguna, Segitiga Biru)
  3. 3 butir telur
  4. topping (almond/keju/oreo/potongan DCC)

 

cara:

  1. cairkan bahan A dengan cara ditim, aduk hingga tercampur dan biarkan dingin
  2. setelah adonan A dingin, masukkan bahan B dimulai dengan gula. aduk rata. kemudian masukkan terigu, aduk. terakhir masukkan telur. aduk hingga benar-benar tercampur rata.
  3. tuang adonan ke loyang yang sudah dialas kertas roti dam dioles butter.
  4. panggang 35-45 menit atau sesuai kebutuhan. cek dengan cara tusuk tengah kue dengan tusuk gigi. kalau sudah tidak ada adonan yang basah, kue siap diangkat.

 

tips:

  • kalau dirasa tidak bisa menunggu adonan A dingin, it’s okay to do next step. the taste will be the same, but the texture will be bit different.
  • topping & jumlah gula dalam adonan sesuai selera dan bisa disesuaikan. makin banyak gula, akan berpengaruh ke permukaan kue yang shinny.

 

happy baking!

first time for Klapertaart

first time for Klapertaart

there is always be a precious time when you do something new.
jadi, beberapa waktu lalu sudah mendambakan bikin klapertaart sendiri dan akhirnya kesampaian. Alhamdulillah.

setelah googling sana-sini, nemu resep yang mencolok. Klapertaart Wilton. kenapose semua orang pake resep ini, Nek? dunno why. dengan alasan malas melalui proses au bain marie (sistem panggang dengan di-tim), diputuskan pake resep klapertaart yang sudah dimodifikasi oleh Ricke Indriani. yihaaaa \o/

yang mau tau resepnya, sila klik ini ya Resep Klapertaart Ricke.

jadi, setelah aku bikin klapertaart untuk pertama kalinya, ada beberapa highlight:

  1. pastikan kamu menggunakan kelapa yang masih segar, yang tidak terlalu tua tapi juga tidak terlalu muda.
  2. pastikan kamu juga memisahkan antara air kelapa dan daging kelapanya ya.
  3. simpan klapertaart kamu di lemari es dan jangan biarkan sampai beberapa hari, karena klapertaart ini tidak tahan lama. punyaku jadi asam setelah tiga hari disimpan di lemari es. so, cepat habiskan ya.
  4. dingin lebih nikmat! yeay. makan klapertaartnya harus dingin-dingin, tambah endeusss.
  5. pastikan kamu punya tenaga yang cukup saat aduk adonan klapertaart di panci dan gunakan panci anti lengket untuk memudahkan.

happy baking!

 

 

In Between by Destara Sati

In Between by Destara Sati

Aku menjadi cenderung padamu karena dua hal
Pertama, karena aku perempuan
Kedua, karena kau lelaki
Kemudian aku jatuh hati, karena kau berlaku selayaknya laki-laki
Semata-mata dengan begitu, aku tergerak menjadi sebenar-benarnya perempuan
Aku menjadi yakin padamu karena kau ragu pada dirimu sendiri
Laki-laki yang layak dipilih adalah yang selalu khawatir tidak layak jadi pilihan
Perempuan yang baik adalah perempuan yang sulit dimengerti
Karena penjagaan dirinya begitu rapih
Aku ceritakan sedikit.
Kau harus mencari tahu lebih banyak.

Kau bingung? Jangan sedih.
Bahkan perempuan seringkali gagal memahami dirinya sendiri
Dari sekian banyak laki-laki, kenapa aku harus memilihmu?
Karena … (aku tak pernah terlalu yakin dengan jawabanku sendiri)
Perempuan menjadi mudah meragu
Karena senang memperhatikan hal-hal kecil
Mengapa laki-lak bisa tampak begitu yakin?
Karena laki-laki lebih sedikit berpikir tentang kemungkinan

**

Perempuan dipilih karena pertimbangan masa lalunya
Laki-laki dipilih karena pertimbangan masa depannya
Hal ini tidak sepenuhnya benar
Karakter seseorang dibentuk dari masa lalunya
Membangun peradaban berdimensi masa depan
Laki-laki mesti berkarakter
Perempuan faktor kunci masa depan
Bagaimana mungkin keduanya dipisahkan?
Perempuan menyenangi lelaki yang mirip ayahnya
Laki-laki menyenangi perempuan yang mirip ibunya
Pastikan keduanya potensial menjadi ayah dan ibu yang baik

Don’t marry a man unless you would be proud to have a son exactly like him.

Marry a woman if you’re sure enough she would make your child says, “I have a great mom.”

**

Hanya perempuan yang boleh menjadi penyebab dari krisis
Laki-laki harus selalu stabil
Perempuan mudah memaafkan
Laki-laki mudah berbuat salah
Karena bagi perempuan, segala sesuatu bisa jadi masalah
Untuk keluar dari krisis
Laki-laki harus lebih berinisiatif
Perempuan menolak lupa pada luka
Laki-laki harus selalu bertanya pada perempuannya, “maumu apa?”
Walaupun pada akhirnya perempuan akan menjawab, “terserah padamu saja.”
Perempuan senang digombali
Meski tahu banyak bohongnya
Fakta bahwa pada dasarnya perempuan bersifat manja adalah kesenangan lelaki
Meski tahu banyak menyusahkannya pasti
Seandainya seorang lelaki harus memilih satu dari dua pilihan :
ketenangan tanpa perempuan atau kesusahan bersama perempuan,
niscaya dia akan rela menerima kesusahan asal bersama perempuan.
(Sabda Rasulullah)

**

Kemampuan laki-laki mendengar lama-kelamaan akan berkurang
Karena terbiasa menghadapi perempuan yang sulit dihentikan saat bicara
Secara sadar perempuan akan menumpulkan kepekaannya
Terbiasa berhadapan dengan laki-laki yang selalu menganggap semuanya baik-baik saja
Meski lelakinya selalu mengagumi setiap hari
Perempuan selalu merasa dirinya tidak cantik
Setidaknya insecure dengan kehadiran perempuan yang lebih cantik
Meski perempuannya selalu menyusahkan setiap hari
Laki-laki selalu merasa dirinya mengecewakan
Setidaknya berpikir perempuannya bisa saja mendapat lelaki yang lebih baik
Diantara semua relasi dunia yang seringkali membuat frustrasi
Orang bilang relasi emotional yang melawan mainstream ini adalah home based
Menuliskan relasi antara keduanya seperti tidak pernah selesai
Relasi paling jauh dan paling luas yang terjadi diantara dua anak manusia

The definition of beautiful woman is a man who loves her.

***
Dec 23rd, 2012

Gallery

Mood Booster

let me tell you something.

sejujurnya, aku ini orangnya moody-an pake banget. suasana hati aku gampang banget kebaca, apalagi sama orang-orang yang sudah cukup lama kenal aku. kenal dan terlibat hubungan emosional, bukan tipe kenal yang tau nama-alamat-kerjaan. buatku yang kadang introvert dan kadang bisa sangat ekstrovert, penting banget menilai orang dan membangun sejauh mana hubungan emosionalku sama dia/mereka. karena, semakin dekat maka aku kan semakin mudah “terbuka”.

nah, yang sudah tau aku dan kenal menahun, dan hapal aku luar-dalem(?), pasti tau aku lagi dalam keadaan mood yang bagus atau jelek. heheheh.

kalo mood lagi ga enak, pelarianku ya ke makanan. sudah hampir sebulan ini, rajin beli Zott Monte rasa choco hazelnut karena menurutku ini enak banget. abis makan ini, perasaan bisa langsung adem. efek dingin dan rasa coklatnya. bagi sebagian orang mungkin pelarian ke makanan itu haram, karena bisa bikin gendut, kolesterol naik, ga sehat, dll dsb. tapi bagiku, why not? walaupun katanya “shopping is healing” tapi kan ngabisin duit banyak booook. kalo makan makanan mahal juga ngabisin duit, tapi kenyang bisa jadi daging (ehehehe ngeles).

anyway, Zott Monte yang sesungguhnya adalah puding coklat nan menyehatkan karena mengandung susu dan mengenyangkan. jadi, aku ga perlu makan malam lagi. terlebih, malam ini mood boosternya ditambah es krim.

makanan lain yang biasa jadi mood booster ya makanan kesukaan, dan atau apa aja yang kebetulan lagi dipengenin. termasuk junk food. khusus untuk junk food, karena makannya pun dosa besar ya (mengandung lemak jenuh dan soda), maka aku batasi maksimal seminggu sekali. jadi, dalam aturanku, boleh makan junk food kalo bete sudah terlalu dan ga tahan lagi sama hecticnya kerjaan (termasuk dramanya). itupun sebisa mungkin di hari jumat atau weekend karena menunggu akumulasi di akhir hari kerja dalam seminggu, biar ga berdosa dua kali seminggu. hehhee.

the point is, ketika kamu butuh mood booster, go for it! makan, belanja, tidur, apapun itu. lakuin yang bisa bikin mood kamu balik ceria & semangat lagi. cheer up! 😁

Tiwi’s Daily Skincare Routine (special)

Tiwi’s Daily Skincare Routine (special)

kamu kamu pasti bertanya-tanya produk apa selain daily yang dengan rela dan rajinnya aku pake untuk tetap glowing. jadi, aku kasih bocorannya ya.

1. weekly, aku pake Balialus Peeling Face.bubuhkan sedikit ke mukamu. ratakan. diamkan 15 menit sampai creamnya benar-benar meresap. nantinya, peeling ini akan mengering. saatnya kamu pijat perlahan muka kamu. fokuskan di T-zone. bilas dengan air dingin sampai bersih.

2. twice a week, aku pake masker. masker yang aku pake itu Balialus Face Mask. aku sengaja pake yang bubuk, jadi bisa aku racik sesuai kebutuhan. ini bisa jadi body mask juga kok. asik. ambil kurang lebih 2-3 sdt masker bubuknya, tambahkan 1 sdt air matang. oleskan ke muka hingga rata, tapi hindari area mata. tunggu sampai kering. aku biasanya sih sengaja didiamkan 30 menit. lalu bilas sampai bersih pake air dingin. keringkan muka dengan handuk bersih.

3. lanjutkan daily skincare routine night.

4. bila perlu, kamu bisa oleskan dark shadow ke bekas-bekas jerawat atau bekas-bekas luka lainnya. happy trying 😀