Tiwi’s Daily Skincare Routine (Night)

Tiwi’s Daily Skincare Routine (Night)

hallo holla.. aku balik lagi mau lanjut bahas skincare routine aku. kali ini untuk malam hari setelah kamu selesai beraktivitas. please, ini lebih penting dari skincare routine kamu di pagi hari. jadi, jangan sampai dilewatkan atau terlewatkan. aku pernah dua kali melewatkan skincare malam, besoknya jerawatan. mau nangis karena penyesalan selalu datang belakangan hehehe.

1. setelah kamu selesai beraktivitas seharian, kamu harus mendinginkan muka kamu. jangan langsung dibersihkan. dan kamu harus bersihkan dengan tangan yang benar-benar bersih. cuci tanganmu pakai sabun ya.

2. lakukan langkah daily skincare routine aku di pagi hari. cukup step 1-4 aja. berurutan ya.

3. setelah kamu selesai dengan face toner, kamu bisa bubuhkan serum ke muka kamu. serum yang aku pake masih satu rangkaian dengan EnvyMe yang lain. serumku EnvyMe Natural Whitening Serum with AHA. ini serum untuk mencerahkan, tapi buatku ya cuma mengembalikan warna muka ke tone aslinya aja. Alhamdulillah aslinya aku udah bersih, dengan serum ini muka jadi lebih ternutrisi. bubuhkan serum 2-3 tetes aja ke muka dan ratakan. serum itu sifatnya concentrate, jadi cukup pake sedikit aja udah mewakili fungsinya

4. setelah serum kamu kering (5-10 menit, lebih lama dari step lain), kamu boleh pake night cream. night cream fungsinya untuk kembali menutrisi kulit muka kamu. pake yang cocok buat kamu. di saat kamu istirahat malam, muka akan jadi kering, night cream ini tugasnya kembali melembabkan. aku pake EnvyMe Night Extra Whitening.

5. terakhir, pake lipbalm lagi ke bibir biar ga kering. happy sleeping 😉

Advertisements
Quote

Resep: Seblak Mie

minggu sore itu hujan bikin jalan-jalan Bekasi basah-basah (yakali). jadinya, seharian cuma bobo pagi-siang-sore. hehehe

akhirnya sore-sore lapeerrrrr banget kan. tercetus ide untuk bikin seblak tapi pake mie aja. yang mau coba, ini resepnya ya.

Bahan:

  • 1 buah mie telor, rebus setengah matang
  • 2 buah bakso, iris tipis
  • 1 buah telur ayam
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1 lembar daun jeruk, iris
  • Garam
  • Gula
  • Kaldu bubuk rasa sapi

Bumbu halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 5 buah cabe merah
  • 3 ruas kencur

Cara:

  1. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun bawang iris dan bakso. Tumis sampai bumbunya matang. Lalu masukkan daun jeruk.
  2. Beri sedikit air (kurang lebih 1 gelas, kalo mau airnya banyak tinggal tambahin ya)
  3. Tumis lagi sampai bumbunya berkurang. Beri garam, gula, dan kaldu bubuk sesuai selera.
  4. Masukkan mienya dan tumis. Aduk rata dan tunggu sampai mienya matang.
  5. Tes rasa. Kalo sudah pas, angkat dan sajikan hangat.

 

Tiwi’s Daily Skincare Routine (Day)

Tiwi’s Daily Skincare Routine (Day)

 

please underlined these words. aku ini bukan beauty blogger, apalagi beauty addict. aku cuma mau share pengalaman dan kebiasaan daily skincare routine aku ke teman-teman ya. hasil dan pemakaian di tiap orang berbeda, please share me your daily routine too.

here we go.

i’m bored of questions “Kak, pake skincare apa?”, “Kak, perawatan di dokter/salon mana?”, atau “Kak, bagi tips makanan apa yang bisa bikin kulit putih?”, dsb dsb dsb.

berhubung pertanyaan ini udah jamak banget, jadi aku jelaskan di sini ya. daily skincare routine aku tuh banyak, BANGET. dan aku ga terpaku ke satu merk skincare. mukaku dibiasakan untuk bisa terima beberapa merk sekaligus. kenapa? karena ga selamanya skincare yang kamu pake daily, akan seterusnya ada. kamu bisa aja ketinggalan sekedar sabun cuci muka atau pas banget day cream kamu abis dan harus beli online dengan pre-oder blablabla.

untuk daily, aku pake merk EnvyMe. EnvyMe itu lengkap. aku pake rangkaian Papaya for Oily-Combination skin. untuk pembersih muka, aku tambahin milk cleanser merk Viva varian bengkuang/spirulina.

sesuai urutan yang biasa aku pake, begini urutannya:
1. bersihin mata/bibir pake eye makeup remover. taruh beberapa tetes di kapas, lalu sapukan ke bagian muka yang ada waterproof makeup-nya. pelan-pelan aja ya, karena area mata/bibir mata itu sensitif. aku pake merk Wardah. gampang dicari di drugstore, harganya juga murah (aku lupa harganya). merk lain ada Pixy, Maybelline, dll.

2. bubuhkan milk cleanser secukupnya di tangan kamu. kalo aku biasa pake merk Viva varian bengkuang atau spirullina. beli di drugstore harganya sekitar 6.500-7.500. ini bisa dipake kurang lebih sebulan dengan intensitas pemakaian setiap hari. aku pake ini dua kali. jadi abis pake pertama dan kotoran keangkat, aku pake lagi step ini. jadi benar-benar ga ada kotoran lagi. sapukan ke mukanya pelan ya, pake gerakan memutar.

3. setelah selesai dengen eye makeup remover & milk cleanser, sekarang kamu bias cuci muka kamu pake facial wash yang biasa kamu pake. aku sudah hamper dua tahun ini pake EnvyMe Facial Wash Papaya. cuci muka sampai bersih, lalu bilas dengan air. setelahnya, kamu bisa keringkan dengan ditepuk-tepuk ke handuk kering. mukamu sudah bersih sekarang, jangan diusap kasar-kasar karena bisa bikin iritasi.

4. setelah mukamu bersih, saatnya menutrisinya. langkah pertama. bubuhkan face toner ke kapas. cukup dua tetes aja, lalu sapukan kapas basah tersebut ke muka kamu. kalo kamu punya muka yang oily, fokuskan face toner ke T-zone. ini akan mengurangi minyak. aku sendiri pake EnvyMe Face Toner. tunggu kurang lebih 3 menit sampai tonernya meresap, baru kamu bisa lanjut ke step berikutnya.

5. ambil day cream secukupnya dan bubuhkan ke muka kamu. ratakan perlahan. aku pake EnvyMe Papaya Day Cream yang sudah mengandung SPF. usahakan kamu tambahkan SPF lain buat kamu yang banyak bekerja di outdoor ya. ini opsional aja, setelah day cream kamu bisa pake lagi BB/CC/DD cream atau foundie. it’s free. diamkan kira-kira lima menitan.

6. setelah selesai, kamu bisa pake bedak, mascara, eyeliner, lipbalm dan lipstick/liptint/lipcream kesayangan kamu. voila! kamu siap keluar rumah dengan muka cantik. happy \o/

Sarapan Aglio Olio

Sarapan Aglio Olio

IMG20160831095637

Sarapan hari ini Aglio Olio karena lagi males makan nasi (gaya banget, Wul). Aglio Olio yang melenceng yaa karena diracik-racik lagi sendiri. ini resepnya:

Bahan: seporsi spaghetti, rebus sampai al dente; setengah butir bawang bombay diiris halus; 2 siung bawang putih iris tipis; satu lembar daun salam; 3 buah cabai merah iris halus; garam; gula; oregano.

Cara: tumis bawang hingga layu; masukkan cabe dan daun salam; tumis hingga wangi; masukkan spaghetti kemudian beri bumbu (garam-gula-oregano yg agak banyak  karena aku suka hehehe). aduk-aduk sampai matang. angkat.

Resep: Tahu Isi Sayur

Resep: Tahu Isi Sayur

IMG20160825145610

 

ceritanya pengen banget ngemil si Tahu Isi Sayur yang pedas khas Bandung. dulu bisa hampir tiap hari jajan tahu isi kaya begini. semenjak balik Bekasi dan ngga nemu lagi tahu seenak di Bandung. kemarin memberanikan diri bikin tahu isi sendiri. yang mau tau resepnya, monggo..

Bahan:
tahu matang, belah tengah jangan sampai putus
minyak untuk menggoreng

Isian:
kol, iris halus
wortel, parut kasar
2 batang daun bawang, iris halus
2 siung bawang merah, iris
3 siung bawang putih, iris
1/2 buah bawang bombay, cincang
5-7 buah cabe rawit merah, haluskan
garam
merica
gula pasir
air
minyak untuk menumis

Bahan pencelup:
air secukupnya
200-250 gr terigu
1 butir telur
garam

Cara:
– Tumis bawang hingga harum, masukkan cabe & sayuran kemudian beri air. masak hingga matang.
– Tes rasa pada tumisan, masukkan bumbu. cicipi kembali.
– Angkat dan dinginkan.
– Isikan tumisan ke tahu yang sudah dibelah. lakukan hingga habis.
– Campur bahan pencelup hingga cairannya halus dan tidak ada tepung yang menggumpal.
– Masukkan tahu satu persatu. goreng dalam minyak panas hingga kuning keemasan. angkat.

Resep: Rolade Saus Kecap, Tahu Siram Cabe, Capcay Saus Tiram

Resep: Rolade Saus Kecap, Tahu Siram Cabe, Capcay Saus Tiram

PhotoGrid_1468214659232

Halo hola …
Hari ini mau share resep masakan yang udah pernah dimasak beberapa waktu lalu. Here we go.

Rolade Saus Kecap
Ceritanya dapat rolade beku dari Budhe. Bingung mau diapain. Alhasil dimasak pake kecap aja biar gampang. Roladenya kalo ga mau digoreng dulu sih gpapa ya.. ini biar ga gampang hancur aja.

Bahan:
100 gr rolade beku siap pakai, dinginkan di suhu ruang
1 butir telur ayam
½ butir bawang bombay, iris kasar
2 siung bawang putih, cincang halus
3 buah cabe merah besar, iris
2 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
2 sdm kecap inggris
1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
2 sdt lada
garam
gula pasir
minyak untuk menumis

Cara:
– Kocok lepas telur ayam. Gulingkan rolade di kocokan telur lalu goreng hingga matang. Angkat, tiriskan.
– Tumis bawang bombay dengan sedikit minyak hingga layu. Masukkan bawang putih cincang, tumis hingga harum. Masukkan cabai, tumis lagi.
– Beri sedikit air ke tumisan, beri bumbu (garam, gula, lada). Aduk. Beri kecap manis, kecap inggris, saus tiram. Biarkan matang.
– Setelah mendidih, tes rasanya. Bila sudah pas, masukkan larutan maizena. Aduk hingga mengental. Masukkan rolade yang sudah digoreng. Aduk hingga rolade terselimut saus.
– Sajikan selagi hangat.

Tahu Siram Cabe/Tahu Cabe Bawang
Udah lama banget penasaran sama resep tahu goreng yang disiram tumisan cabe ini. Udah berseliweran di home Facebook dan Instagram tapi belum sempat nyoba. Pas punya tahu nganggur (dan bosen kalo cuma digoreng biasa aja), coba praktekin deh.
Awalnya udah nyatet resep tapi entah dimana. Praktek ini berdasarkan ingatan dan ilmu kira-kira ya hehehe

Bahan:
5 buah tahu kuning, potong tiap tahu menjadi 6
3-5 sdm maizena atau terigu
6 buah cabai rawit merah (tingkat kepedasan disesuaikan dengan selera ya)
2 siung bawang merah, iris halus
2 siung bawang putih, cincang
1 batang daun bawang, iris halus
garam
gula
minyak untuk menggoreng dan menumis

Cara:
– Baluri tahu dengan tepung, kemudian deep-frying hingga matang. Angkat, tiriskan.
– Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan irisan cabai, beri garam dan gula. Masukkan irisan daun bawang. Aduk hingga layu.
– Angkat tumisan bumbu, siramkan ke tahu yang sudah digoreng.

Capcay Saus Tiram
Kalo inget resep capcay yang kaya gini tuh inget jaman kost di Bandung. Resep tumisan apapun, bumbu andalannya saus tiram. Segala masakan pake saus tiram, hehehe. Sayurnya seadanya yang ada di kulkas dan bebas mau ditambah/kurangin ya.

Bahan:
½ butir bawang bombay, iris
2 siung bawang putih, cincang kasar
2 siung bawang merah, iris halus
3 butir bakso sapi, iris
2 buah wortel
Jagung muda/putren
Kol
Sawi hijau
Kembang kol, potong menurut kuntumnya
1 batang daun bawang
1 sdm kecap inggris
2 sdm saus tiram
1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
Garam
Lada
Minyak untuk menumis

Cara:
– Tumis bawang bombay hingga layu. Masukkan bawang merah dan bawang putih. Tumis hingga harum.
– Masukkan bakso ke tumisan. Beri air. Masukkan bumbu; garam, lada, saus tiram, dan kecap inggris. Tes rasanya. Masak hingga mendidih.
– Masukkan sayuran sesuai urutan lamanya memasak (putren-wortel-kembang kol, terakhir kol & sawi hijau).
– Masukkan irisan daun bawang dan larutan maizena. Angkat.

hello

hello

all I have to say is, HELLO.

hello

welcome to my new page. setelah sekian lama menimbang dan memikirkan (uh berlebihan!), lahir juga laman ini.

jadi, mau cerita apa aja di sini? sebetulnya, sih, simpel. mau nulis dan post apa aja di sini. gpapa toh?

selamat datang. terima kasih sudah mampir.

xoxo

Tiwi